Home /

Advertisement

PASAR KOMIK BANDUNG (PAKOBAN) 6

PASAR KOMIK BANDUNG (PAKOBAN) 6

19 May 2017

-Pasarnya Komik Lokal-

 

            “Ke mana komik Indonesia?”

            Dulu, pertanyaan itu sempat menyebar di media sosial dan mengundang banyak perhatian, terutama dari para pelaku industri kreatif tanah air. Apalagi di saat itu, sebenarnya komik lokal Indonesia sedang mengalami kebangkitan, dengan judul-judul baru yang terus bertambah setiap tahunnya. Salah satu ajang bagi para komikus lokal untuk memamerkan karyanya adalah di Pasar Komik Bandung (Pakoban).

            Pakoban diadakan rutin satu tahun sekali. Pada tahun 2017 ini, Pakoban sudah memasuki gelaran ke-6. Diadakan pada tanggal 13-14 Mei 2017 di Braga City Walk, Bandung, acara satu ini dipadati oleh berbagai booth yang memamerkan komik-komik lokal, baik indie maupun major. Menariknya, para pengisi booth ini ada yang datang dari luar daerah, lho! Misalnya; Komunitas Komik Bungkul Surabaya, Perakit Komik Malang, dan Panyoet Komik Aceh.

Selain booth, Pakoban juga diramaikan oleh acara-acara di panggung seperti talk show, launching, dan doodle battle. Para pengunjung yang datang tampak antusias saat mengikuti acara, tak jarang juga yang bertanya saat sesi tanya-jawab dibuka. Meski didominasi oleh remaja dan dewasa muda, pengunjung yang datang juga termasuk para orangtua dan anak-anaknya.

Salah satu acara yang paling dinanti oleh baik pengisi booth maupun pengunjung adalah Pakoban Award—sebuah penghargaan yang terdiri dari beberapa kategori untuk para peserta Pakoban. Pemenang penghargaan ini dipilih oleh juri. Dari tahun ke tahun, para pemenang Pakoban Award terbukti memiliki kualitas yang tak kalah dari komik terjemahan.

 

Dengan adanya Pakoban, jika ditanya “Ke mana komik Indonesia?”, tentu sekarang kamu tahu ke mana mencarinya!

 

-Redaksi-

  • Share On :